Susi Air Kecelakaan, Badan Pesawat Rusak Parah

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 6
Kamis, 23 Juni 2022 17:04 WIB
Tim SAR gabungan evakuasi penumpang pesawat Susi Air yang mengalami inside dalam penerbangan Duma-Timika, Papua, Kamis 23 Juni 2022. ANTARA/HO/Humas SAR Timika

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan menjelaskan kondisi pesawat Susi Air, yang mengalami kecelakaan di Timuka, rusah parah. Pesawat mengalami pendaratan darurat saat perjalanan dari Bandara Moses Kilangin Timika menuju Duma, Kabupaten Paniai.

"Pilatus Porter PC-6 PK BVM milik PT Asi Pudjiastuti Aviation mengalami rusak berat diakibatkan crash landing pada posisi C0 4°02’54.00″S/136°43’06.00″E,” tutur Ramadhan pada Kamis, 23 Juni 2022. 

Meski demikian, Ramadhan memastikan seluruh korban kecelakaan pesawat Susi Air selamat. Penumpang telah mendapatkan perawatan medis di RSUD Mimika.

“Dari tujuh penumpang selamat, tiga penumpang dan pilot mengalami luka patah kaki, sedangkan tiga penumpang lainnya mengalami luka-luka,” kata Ramadhan. 

Pesawat Susi Air yang diawaki oleh pilot Dayle Peter Houzet mengalami kecelakaan pukul 08.20 WIT. Pesawat sebelumnya hilang kontak setelah berangkat dari Timika menuju Duma pukul 05.34 WIT. Seharusnya, pesawat dijadwalkan kembali ke Timika sekitar pukul 08.00 WIT.

Menurut Ramadhan, dalam proses evakuasi, personel gabungan Badan SAR Nasional (Basarnas) berhasil menemukan titik koordinat pesawat jatuh. Tim gabungan langsung melaksanakan proses evakuasi menggunakan helikopter TNI AU. Pada pukul 12.06 WIT, helikopter TNI AU EC-725/HT-7202 yang membawa tujuh korban kecelakaan berhasil mendarat. 

Adapun setelah helikopter mendarat, para korban kecelakaan pesawat langsung diangkut oleh ambulans untuk menuju RSUD Kabupaten Mimika. Mereka mendapatkan pengobatan dan pemulihan pasca-kecelakaan tersebut.

Adapun nama-nama penumpang pesawat Susi Air dalam penerbangan menuju Timika adalah Merina Dimpau, Fickien Dimpau, Philipus Dimpau, Leo Dimpau, Seruwarkis Diabilu, dan Lukas Dimbau.

ANTARA 

Baca juga: Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua, Angkut 6 Penumpang

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.






2 jam lalu

AirNav Pastikan Cuaca Cerah saat Pesawat Susi Air Lepas Landas

AirNav memperoleh informasi dari pihak Susi Air bahwa pesawat dengan nomor registrasi PK-BVM mengalami kecelakaan.


4 jam lalu

Basarnas Pastikan Penumpang Pesawat Susi Air Selamat, 5 Orang Patah Tulang

Basarnas memastikan 7 penumpang pesawat Susi Air yang mengalami kecelakaan di Papua seluruhnya selamat.


4 jam lalu

Semua Korban Kecelakaan Pesawat Susi Air Dievakuasi ke Timika

Pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan PK- BVM hilang kontak sekitar pukul 08.20 WIT dalam perjalanan rute Timika-Duma.


5 jam lalu

Terkini Bisnis: Kecelakaan Pesawat Susi Air, Harga TBS Sawit Anjlok

Berita terkini ekonomi bisnis hingga Kamis siang, 23 Juni 2022 antara lain enam penumpang pesawat Susi Air selamat dari kecelakaan penerbangan.


6 jam lalu

Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua, 6 Penumpang Selamat

Informasi kecelakaan pesawat sebelumnya disampaikan oleh pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti.


6 jam lalu

Pesawat Susi Air Hilang Kontak Pukul 08.20 WIT

Pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM mengangkut enam penumpang.


6 jam lalu

Susi Pudjiastuti Klaim Semua Penumpang Pesawatnya yang Jatuh di Papua Selamat

Pemilik Maskapai Susi Air, Susi Pudjiastuti mengklaim seluruh penumpang dan pilot pesawat Susi Air yang jatuh di Papua selamat.


7 jam lalu

Titik Koordinator Jatuhnya Pesawat Susi Air di Papua Sudah Diketahui Basarnas

Basarnas sudah mengetahui titik jatuhnya pesawat Susi Air di Papua. Pesawat dengan jenis Pilatus Porter dikabarkan jatuh saat akan terbang dari Timika menuju Duma


7 jam lalu

Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua, Angkut 6 Penumpang

Pesawat Susi Air kecelakaan saat terbang dari Timika ke Duma.


2 hari lalu

Ulah Burung Bisa Sebabkan Kecelakaan Pesawat, ini 4 Insiden Fatal di Dunia

Bird strike atau serangan burung bisa sebabkan kecelakaan pesawat fatal. Apa saja peristiwa kecelakaan pesawat mematikan karena tabrakan burung?