Green Bond Efektif, BNI Siap Lanjutkan Pembiayaan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 7
Kamis, 23 Juni 2022 16:15 WIB

INFO BISNIS - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (kode saham: BBNI) semakin optimistis untuk melakukan akselerasi kinerja green banking tahun ini seiring dengan efektifnya BNI green bond Rp5 triliun.

BNI menilai green banking adalah masa depan perbankan nasional. Terlebih, konsep ekonomi yang akan digunakan di masa depan adalah ekonomi sirkular, yakni ekosistem ekonomi yang mengedepankan daur ulang berbagai limbah sebagai bahan baku produksi guna mengurangi eksploitasi komoditas alam yang berlebihan.

“Kami bersyukur dan tentunya bangga sekali karena telah berhasil menerbitkan green bond. Kebanggaan ini makin lengkap karena sambutan dan apresiasi luar biasa dengan oversubscribe hingga 4 kali. Tentunya dana yang terhimpun akan langsung kami gunakan untuk mendorong kinerja green banking lebih kuat lagi,” ujar Corporate Secretary BNI, Mucharom.

Ia menuturkan, BNI akan melakukan pembiayaan kembali proyek-proyek dalam kategori Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) berkaitan dengan energi terbarukan, efisiensi energi, pengolahan sampah menjadi energi dan manajemen limbah, penggunaan sumber daya alam dan penggunaan tanah yang berkelanjutan.

“Dana dari green bond juga akan disalurkan pada proyek konservasi keanekaragaman hayati darat dan air, transportasi ramah lingkungan, pengelolaan air dan air limbah yang berkelanjutan, adaptasi perubahan iklim, gedung berwawasan lingkungan, dan pertanian berkelanjutan, dengan memperhatikan Peraturan OJK No. 60/POJK.04/2017 tentang Penerbitan dan Persyaratan Efek Bersifat Utang Berwawasan Lingkungan (Green Bond),” kata dia.

Mucharom menjabarkan, per kuartal pertama 2022 BNI membukukan catatan kinerja positif baik dari ekspansi portofolio hijau sekaligus implementasi ESG di semua lini bisnis. Portofolio hijau BNI mencapai Rp170,5 triliun. Nilai ini mengambil porsi 28,9 persen dari total portofolio kredit BNI.

“Pembiayaan hijau ini utamanya diberikan untuk kebutuhan pengembangan ekonomi sosial masyarakat melalui pembiayaan UMKM dengan total portofolio mencapai Rp 115,2 triliun. Selebihnya digunakan untuk kebutuhan pembangunan ekosistem lingkungan hijau, energi baru terbarukan sebesar Rp 10,3 triliun, serta pengelolaan polusi sebesar Rp 6,8 triliun, serta pengelolaan air dan limbah sebesar Rp 23,3 triliun,” ucapnya. (*)






1 jam lalu

Bamsoet Apresiasi CRV Club Siap Gabung dengan IMI

Menjadi anggota IMI akan mendapat banyak kemudahan. IMI menjalin kerja sama dengan berbagai instansi.


1 jam lalu

Lestari Moerdijat: Pariwisata Berkelanjutan Harus Libatkan Masyarakat Lokal

Pengembangan lokasi wisata dan pelestarian warisan budaya yang menjadi objek wisata harus bisa dilakukan secara bersamaan.


1 jam lalu

Bamsoet Dukung Pembalap Muda Gokart Indonesia ke Italia

Para pembalap muda yang akan berangkat ke ajang internasional merupakan binaan SN Racing.


3 jam lalu

Kementan Tingkatkan Kompetensi SDM Juru Sembelih Hewan

Juleha atau juru sembelih hewan mendapat pelatihan sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).


4 jam lalu

BP2MI Lepas 287 CPMI ke Jepang

Para pekerja migran diharapkan dapat belajar dan mengadopsi berbagai kebiasaan baik di Jepang.


5 jam lalu

BRI Raih Penghargaan Omni Brands of The Year 2022

BRI dinilai sukses memperkenalkan keunikan produk UMKM Indonesia ke pasar global melalui BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.


5 jam lalu

Layanan BRIFast Remittance Mudahkan Pekerja Migran

BRI memiliki ribuan cabang di daerah, bank cabang di sejumlah negara, dan menjalin kemitraan dengan 100 perusahaan global untuk penggunaan BRIFast Remittance.


5 jam lalu

Presiden Tinjau Proyek Bendungan Sepaku Semoi Garapan Brantas Abipraya

Jokowi meminta pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dapat diselesaikan lebih cepat dari rencana.


5 jam lalu

Rayakan HKP, Mentan Panen Padi dan Tanam Kedelai

Petani Sukoharjo menggunakan program IP400 sehingga bisa empat kali tanam dalam setahun.


6 jam lalu

Gunakan Teknologi Shopee, Pengusaha Asal Blitar Tembus Pasar Dunia

Shopee merupakan strategi pengoptimalan bisnis secara digital