BNI dan KBRI Bawa UMKM Masuk Pasar Korsel

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 9
Kamis, 23 Juni 2022 19:00 WIB

INFO BISNIS – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul, Korea Selatan, berkolaborasi dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk dan Kementerian Perdagangan memboyong produk-produk UMKM binaan BNI dalam Pameran Barang Impor atau Imported Goods Fair (IGF) 2022 di Coex Seoul, 23-25 Juni.

Pameran yang diselenggarakan oleh Korea Importers Association (KOIMA) ini, bertujuan mendukung produsen dan penyuplai luar negeri untuk mempromosikan produknya kepada importir dan konsumen di Korea Selatan. 

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara BNI dengan KOIMA yang dilakukan oleh Direktur Bisnis Konsumer BNI, Corina Leyla Karnalies, dengan Executive Vice Chairman KOIMA, Kim Young-Sun. 

Penandatanganan MOU ini mencakup kerja sama dalam program business matching dan pertukaran informasi yang berhubungan dengan eksportir Indonesia dan importir Korea Selatan. Acara ini disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto, serta Chairman & CEO KOIMA, Kim Byung-Kwan. 

Pada IGF tahun ini, Paviliun Indonesia membawa mitra UMKM binaan BNI dalam program Xpora untuk mempromosikan produk-produk unggulan seperti mebel dan dekorasi kayu, perhiasan perak dan mutiara, hingga kopi dan produk makanan.

“Negeri K-Pop ini memiliki potensi pasar yang besar bagi produk UMKM Indonesia mengingat 82 persen penduduk tinggal di perkotaan dan memiliki usia harapan hidup terpanjang,” kata Corina Leyla Karnalies.

Adapun sepanjang Januari–Mei 2022, BNI mencatat pertumbuhan volume transaksi ekspor yang sangat baik, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 30,62 persen. 

"Kerja sama BNI dengan KOIMA diharapkan dapat menjadi pintu gerbang untuk perusahaan Indonesia masuk ke pasar Korea Selatan, yaitu dengan secara langsung mempertemukan dengan importirnya, sekaligus menguatkan peran kami sebagai bank global asal Indonesia," kata Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto.

Kerja sama KBRI, BNI, dan Kementerian Perdagangan dalam event IGF 2022 ini akan memberikan dampak langsung kepada nasabah Xpora. Terlebih, BNI mulai menerima banyak permintaan dari anggota KOIMA untuk melakukan business matching selama pameran.

BNI pun telah bekerja sama dengan KBRI di Korea Selatan dan juga Kementerian Perdagangan untuk terus menggali potensi pasar di Korea Selatan, termasuk dengan mendorong kolaborasi bersama diaspora. 

"Hal ini merupakan upaya untuk menciptakan banyak peluang investasi di luar negeri, menambah potensi lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia, serta mendorong UMKM dalam negeri untuk masuk pasar internasional, sekaligus menarik banyak potensi penanaman modal dari luar negeri. Kami juga menyediakan fasilitas permodalan bagi para pelaku UMKM diaspora," kata Corina. (*)






27 menit lalu

Menilik Pembiayaan Perbankan ketika Eropa Perlu Pasokan Batu Bara

Tidak ada larangan bagi dunia perbankan dalam negeri terhadap pembiayaan batu bara


30 menit lalu

Berwisata ke Resor Terbaik Dunia di Bali

Meraih penghargaan World's Top Small Stays-Asia dan Top Safari Stays, Plataran Menjangan menawarkan pengalaman ekowisata yang tak terlupakan.


1 jam lalu

Bank Sultra Siap Jadi Tuan Rumah Undian Simpeda Nasional 2022

Gubernur H. Ali Mazi,SH memberi dukungan penuh. Kegiatan ini dapat menjadi ajang promosi potensi daerah Sulawesi Tenggara kepada perwakilan dari 24 BPD yang akan hadir di bulan Agustus mendatang.


2 jam lalu

Kementan Genjot Keahlian dan Pengetahuan SDM Pertanian

SDM Pertanian yang unggul mampu diciptakan sejak dini melalui peningkatan kemampuan teknis pelatihan.


2 jam lalu

FAO Nilai Mentan Kelola Pertanian Sangat Baik

Dalam 2 tahun terakhir sektor pertanian memberikan kontribusi kepada perekonomian Indonesia.


3 jam lalu

Green Bond Efektif, BNI Siap Lanjutkan Pembiayaan

BNI akan melakukan pembiayaan kembali proyek-proyek dalam kategori Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan.


4 jam lalu

Bamsoet Apresiasi CRV Club Siap Gabung dengan IMI

Menjadi anggota IMI akan mendapat banyak kemudahan. IMI menjalin kerja sama dengan berbagai instansi.


4 jam lalu

Lestari Moerdijat: Pariwisata Berkelanjutan Harus Libatkan Masyarakat Lokal

Pengembangan lokasi wisata dan pelestarian warisan budaya yang menjadi objek wisata harus bisa dilakukan secara bersamaan.


4 jam lalu

Bamsoet Dukung Pembalap Muda Gokart Indonesia ke Italia

Para pembalap muda yang akan berangkat ke ajang internasional merupakan binaan SN Racing.


6 jam lalu

Kementan Tingkatkan Kompetensi SDM Juru Sembelih Hewan

Juleha atau juru sembelih hewan mendapat pelatihan sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).