AirNav Pastikan Cuaca Cerah saat Pesawat Susi Air Lepas Landas

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 8
Kamis, 23 Juni 2022 14:59 WIB
Tim SAR gabungan evakuasi penumpang pesawat Susi Air yang mengalami inside dalam penerbangan Duma-Timika, Papua, Kamis 23 Juni 2022. ANTARA/HO/Humas SAR Timika

TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Nasional (LPPNPI) atau AirNav Indonesia memastikan kondisi cuaca penerbangan cerah saat pesawat Susi Air lepas landas. Pesawat Susi Air mengalami kecelakaan dalam penerbangan dari Timika menuju Duma. 

"Keberangkatan pesawat penerbangan subsidi perintis yang membawa enam orang penumpang tersebut berjalan normal dengan kondisi cuaca cerah," ujar Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi pada Kamis, 23 Juni 2022. 

Pesawat Susi Air berjenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor registrasi PK-BVM terbang dari Bandara Moses Kilangin menuju Bandara Airstrip pada pukul 05.32 WIT. Semestinya, pesawat tiba di Duma pada pukul 05.49 WIT.

Namun, pesawat hilang kontak. Rosedi menjelaskan, AirNav memperoleh informasi dari pihak Susi Air bahwa PK-BVM mengalami kecelakaan. AirNav langsung melakukan tindak lanjut dengan penetapan kondisi darurat selepas insiden kecelakaan pesawat.

"Kami juga koordinasi intens dengan BASARNAS Timika, Lanud TNI AU Timika, dan penerbangan lain yang sedang beroperasi di sekitar rute penerbangan PK-BVM," kata Rosedi. 

Pesawat Susi Air kemudian ditemukan dalam kondisi crash sekitar 3 NM (5 kilometer) dari Duma. Keenan penumpang dan semua kru berhasil diselamatkan. 

"Berkat kolaborasi yang baik dari semua pihak, seluruh kru dan penumpang pesawat PK-BVM dapat ditemukan dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke rumah sakit Timika," ucap Rosedi.

Baca juga: Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua, Angkut 6 Penumpang

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.






3 jam lalu

Basarnas Pastikan Penumpang Pesawat Susi Air Selamat, 5 Orang Patah Tulang

Basarnas memastikan 7 penumpang pesawat Susi Air yang mengalami kecelakaan di Papua seluruhnya selamat.


3 jam lalu

Semua Korban Kecelakaan Pesawat Susi Air Dievakuasi ke Timika

Pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan PK- BVM hilang kontak sekitar pukul 08.20 WIT dalam perjalanan rute Timika-Duma.


3 jam lalu

Terkini Bisnis: Kecelakaan Pesawat Susi Air, Harga TBS Sawit Anjlok

Berita terkini ekonomi bisnis hingga Kamis siang, 23 Juni 2022 antara lain enam penumpang pesawat Susi Air selamat dari kecelakaan penerbangan.


5 jam lalu

Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua, 6 Penumpang Selamat

Informasi kecelakaan pesawat sebelumnya disampaikan oleh pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti.


5 jam lalu

Pesawat Susi Air Hilang Kontak Pukul 08.20 WIT

Pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM mengangkut enam penumpang.


5 jam lalu

Susi Pudjiastuti Klaim Semua Penumpang Pesawatnya yang Jatuh di Papua Selamat

Pemilik Maskapai Susi Air, Susi Pudjiastuti mengklaim seluruh penumpang dan pilot pesawat Susi Air yang jatuh di Papua selamat.


6 jam lalu

Titik Koordinator Jatuhnya Pesawat Susi Air di Papua Sudah Diketahui Basarnas

Basarnas sudah mengetahui titik jatuhnya pesawat Susi Air di Papua. Pesawat dengan jenis Pilatus Porter dikabarkan jatuh saat akan terbang dari Timika menuju Duma


6 jam lalu

Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua, Angkut 6 Penumpang

Pesawat Susi Air kecelakaan saat terbang dari Timika ke Duma.


2 hari lalu

Ulah Burung Bisa Sebabkan Kecelakaan Pesawat, ini 4 Insiden Fatal di Dunia

Bird strike atau serangan burung bisa sebabkan kecelakaan pesawat fatal. Apa saja peristiwa kecelakaan pesawat mematikan karena tabrakan burung?


2 hari lalu

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Kecelakaan Pesawat Akibat Tabrak Burung, Dirjen WHO

Topik tentang kecelakaan pesawat bisa terjadi karena tabrakan burung dan pesawat menjadi berita terpopuler Top 3 Tekno Berita Hari Ini.