Share

Yuk Intip Inspirasi Arsitektur Rumah Hanok, Hunian Tradisional Korea

Yuk Intip Inspirasi Arsitektur Rumah Hanok, Hunian Tradisional Korea

Intip Inspirasi Arsitektur Rumah Hanok, Hunian Tradisional Korea

Saat menginginkan membangun sebuah rumah, akan lebih baik apabila Anda mencari berbagai referensi arsitektur rumah itu sendiri terlebih dahulu. Salah satu yang bisa Anda jadikan inspirasi adalah rumah tradisional Hanok dari Korea. Rumah ini memiliki desain yang sangat mempesona. Penasaran? Yuk intim inspirasi arsitektur rumah Hanok di bawah ini.

Intip Inspirasi Arsitektur Rumah Hanok, Hunian Tradisional Korea

Inspirasi Arsitektur rumah Hanok korea

Berbicara mengenai Korea, Anda tentu sudah tidak asing dengan negara yang satu ini. Selain cukup populer akibat banyaknya artis idola dari negara tersebut, Korea ternyata juga bisa jadi inspirasi untuk membangun rumah dari segi arsitektur tradisonalnya. Yakni bernama rumah tradisional Hanok Korea. Di bawah ini beberapa inspirasi arsitektur rumah Hanok Korea tersebut:

1. Arsitektur tradisional yang khas

Hanok merupakan rumah tradisional Korea yang memiliki arsitekur sangat khas. Baik itu material, bentuk, warna dan interior lainnya. Jenis rumah ini sendiri sangat cocok diaplikasikan pada lahan yang terbatas sekalipun. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat ingin menerapkan arsitektur yang satu ini karena tidak memakan lahan yang banyak.

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Modern 2 Lantai

2. Memiliki atap rumah yang khas

Dapat dikatakan bahwa rumah ini memang memiliki arsitektur atap yang cukup rumit. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih rumah Hanok dari model lain yang memang didesain dengan lebih simpel. Yakni dengan menggunakan bahan kayu pada tiangnya, sementara dinding rumahnya memiliki finishing yang mirip dengan kertas bernama Hanji tanpa perlu
desain atap yang rumit.

3. Anda bisa memilih desain Hanok versi modern

Satu lagi keunikan dari inspirasi arsitektur rumah Hanokini adalah Anda tetap bisa menggunakannya untuk rumah versi modern. Yang mana tampilan rumah tersebut dapat disederhanakan akan tetapi tetap dapat mencerminkan arsitektur rumah ala Korea. Sangat menginspirasi bukan? Rumah Hanok ini sendiri memiliki kemiripan yang tidak kalah jauh dengan rumah Hanok tradisional aslinya. Hanya saja ada aspek-aspek tertentu yang diterapkan untuk desain Anda.

4. Hanok didesain dengan konsep minimalis

Hanok juga bisa jadi rumah inspirasi Anda dengan konsep yang sangat minimalis. Hal tersebut tentu akan sangat mudah bagi Anda saat ingin mendesainnya dengan memadu padankan gaya lainnya. Baik itu dengan konsep yang lebih natural ataupun lebih modern.

Yang mana Hanok dengan konsep minimalis ini bisa Anda terapkan mulai dari pemilihan materialnya. Kemudian lakukan finishing dengan sederhana. Yang jelas desain berkonsep minimalis ini lebih mengedepankan pengguaan kayu. Hanya saja Anda tidak perlu lagi memakai ornamen berlebih sehingga konsep minimalis lebih menonjol dibandingkan konsep tradisionalnya.

5. Sangat identik dengan penggunaan furnitur yang sedikit

Saat Anda mengetahui bagaimana konsep rumah Hanok yang aslinya, maka Anda akan ditampilkan dengan penggunaan furnitur yang sangat minim. Hal ini memang sejalan dengan ciri khas rumah Korea yang memang tidak selalu memakai furnitur berlebih. Sementara salah satu furnitur yang paling sering digunakan adalah meja dengan kaki rendah dan alas
duduk berupa bantalan tipis untuk ruang makan.

6. Memadukan warna hangat yang tenang

Satu lagi yang sangat inspiratif dari rumah Hanok asal Korea ini, yakni pemilihan warna yang sangat tenang dan hangat. Hal ini berarti saat Anda ingin menerapkan desain rumah bergaya Hanok, maka sangat penting untuk mendesain rumah dengan menghindari pemilihan warna dingin. Hal tersebut hanya akan menjauhkan Anda dari kesan rumah Korea yang ingin
ditonjolkan nantinya. Anda bisa memilih warna-warna hangat dan menenangkan, salah satu contohnya adalah cream.

Anda bisa memadukan warna putih ataupun warna lain yang memang sangat identik dengan warna-warna hangat. Sangat penting bagi Anda untuk menciptkan rumah dengan arsitektur yang sangat berbeda dari yang lain. Selain terlihat lebih berkualitas, tentu rumah Anda bisa menjadi lebih unik dan beda dari yang lain. Anda bisa memilih inspirasi arsitektur rumah Hanok di atas.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.

Kirim Pesan
Click Here !!! (Fast Response)
Tania S.Ds.
Hi , Perkenalkan Saya Tania.
Dapatkan " SPECIAL PROMO " Free Design Hanya Hari Ini. Silahkan Lanjut Ke Chat Untuk Keterangan Lebih Lanjut Yah ^.^ (Fast Response)