Share

Tips Membangun Rumah Dengan Perencanaan Jitu

Tips Membangun Rumah Dengan Perencanaan Jitu

Tips Membangun Rumah Dengan Perencanaan Jitu

Tips membangun rumah dengan tahapan perencanaan jitu untuk desain rumah sering kali menentukan apakah desain tersebut akan memenuhi impian pemilk rumah. Tanpa ada perencanaan, pemilik rumah hanya akan membuang waktu. Untuk menghindari waktu yang terbuang sia-sia, ikuti enam tips ini untuk membantu Anda membuat denah rumah yang sempurna bagi Anda dan keluarga.

1. Mulai Dengan Desain Standar Awal

Meski sudah ada perangkat lunak aplikasi desain rumah, pemilik sebenarnya tidak perlu dipusingkan dengan memilih denah rumah terbaik. Tips membangun rumah yang perlu dilakukan pertama kali adalah membuat sketsa ide-ide di selembar kertas. Setelah itu, calon pemilik dapat membuat daftar fitur yang diinginkan untuk setiap ruangan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan ide Anda di atas kertas, untuk dituangkan ke dalam desain rumah.

Tips Membangun Rumah Dengan Perencanaan Jitu

2. Tentukan Desain Dengan Pertimbangan Beberapa Langkah Ke Depan

Jika memungkinkan, Anda perlu mempertimbangkan masa depan keluarga, serta bagaimana Anda akan mengakomodasi beberapa anggota keluarga. Mungkin Anda akan memiliki anak, atau menampung cucu serta kakek nenek. Banyak pula pemilik rumah yang merencanakan untuk menampung keluarga besar saat liburan.

Hal yang sama juga berlaku jika Anda hendak berencana untuk mengalihkan pekerjaan utama Anda, dengan membangun kantor sendiri di rumah. Desain rumah Anda tentu harus menyertakan kantor atau satu ruang fleksibel yang dapat digunakan siapa saja.

3. Memprioritaskan Fitur-Fitur Penting

Tips membangun rumah berikutnya adalah mulailah memprioritaskan fitur terpenting terlebih dahulu untuk rumah baru Anda. Desain rumah dapat dengan mudah melebihi anggaran jika Anda tidak disiplin dalam membatasi fitur. Pentingkan fitur krusial, seperti kamar mandi, dapur dan kamar utama.

4. Memaksimalkan Setiap Ruang Dan Mengurangi ‘Kepadatan’

Saat Anda mulai dengan menentukan macam-macam ruangan, pertimbangkan bagaimana desain akhir Anda dapat membuat setiap ruang bermanfaat. Ruang keluarga harus memiliki ruang yang paling besar. Misalnya, untuk mengurangi kebisingan dekat kamar tidur, ruang keluarga mungkin bisa ditempatkan lebih jauh dari kamar utama. Begitu pula jika keluarga Anda termasuk keluarga yang cenderung berkumpul di sekitar dapur atau ruang makan.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis Sederhana Yang Modern

Denah rumah yang sedikit terbuka dengan aliran udara yang bebas antara ruang tamu, dapur, dan ruang makan tentu sesuai. Jenis desain ini juga memungkinkan aliran udara lancar antar ruangan.

5. Memaksimalkan Cahaya

Pencahayaan alami juga perlu disertakan dalam desain denah juga menjadi salah satu hal penting dalam tips membangun rumah. Misalnya, jika Anda ingin menikmati cahaya pagi di ruang keluarga atau tamuAnda, sebaiknya rumah menghadap ke arah timur. Paparan sinar matahari pagi juga sangat sehat. Sebaiknya, perlu dipertimbangkan pula bagaimana lampu listrik di rumah Anda tidak terlalu banyak digunakan di siang hari. Pertimbangkan pula penerangan untuk kamar menurut jasa desain rumah. Kamar utama dapat memiliki fitur jauh lebih banyak dibandingkan ruangan lainnya.

Selain itu penerangan kamar utama dapat dibuat variatif dengan keberadaan lampu baca, lampu utama dan lampu tidur. Cahaya dari jendela juga perlu dipertimbangkan untuk dapat mengurangi penggunaan lampu yang tidak perlu di siang hari. Jika memungkinkan, pastikan semua ruangan memiliki jendela, atau paling tidak ada penerangan alami. Tips membangun rumah dengan perencanaan jitu dapat membantu Anda menciptakan rumah impian.

Saat berdiskusi dengan arsitek kepercayaan Anda, Anda tak perlu ragu mengutarakan keinginan, meski ia memiliki beberapa ide. Hal ini penting karena Anda tidak ingin menyesal di kemudian hari, sehingga nantinya rumah tersebut harus direnovasi ulang. Hal ini untuk menghindari terbuangnya waktu dan biaya.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.

Kirim Pesan
Click Here !!! (Fast Response)
Tania S.Ds.
Hi , Perkenalkan Saya Tania.
Dapatkan " SPECIAL PROMO " Free Design Hanya Hari Ini. Silahkan Lanjut Ke Chat Untuk Keterangan Lebih Lanjut Yah ^.^ (Fast Response)