Share

Inspirasi Desain Interior Rumah Konsep Islami

Inspirasi Desain Interior Rumah Konsep Islami

Inspirasi Desain Interior Rumah Konsep Islami – Tierbonavi

 

Menentukan konsep dari desain interior rumah bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Mungkin bisa dari hobi atau juga bisa dari budaya maupun kebutuhan sang pemilik rumah. Bahkan kepercayaan atau agama yang dianut oleh seseorang juga terkadang mempengaruhi desain interior rumah.

 

Jasa Desain Interior Rumah Untuk Hunian Islami

Dalam agama islam sendiri memiliki aturan yang detail terkait hunian agar memberi kenyamanan dan ketenangan pada penghuni rumah. Bagi anda yang beragama islam, anda bisa menentukan konsep rumah islami dengan jasa desain interior rumah yang anda gunakan.

Kebanyakan jasa desain interior rumah juga tidak terlalu memperhatikan hal ini. Ini bisa juga karena sang pemilik rumah kurang memperhatikan dan juga tidak meminta terkait tempat untuk beribadah tersebut. Jasa desain interior rumah mereka gunakan juga tidak membuatkan tempat untuk beribadah ini karena tidak adanya permintaan untuk membuatkan dari sang pemilik rumah.

Banyak rumah-rumah yang di dalamnya tidak ada tempat khusus untuk beribadah. Tentu ini juga akan menyulitkan bagi para tamu yang datang atau menginap di rumah tersebut. Memang dalam ajaran islam, ibadah solat bisa dilakukan dimana saja, namun alangkah baiknya jika menyediakan ruangan khusus untuk beribadah agar saat menjalankan ibadah bisa khusyuk atau terganggu oleh hal lain.

Sebelum menggunakan jasa desain interior rumah, ada beberapa prinsip yang perlu untuk diperhatikan dalam mendesain interior maupun eksterior rumah supaya islam dan sesuai dengan syari’at. Dengan memperhatikan hal ini, tentu akan mendekatkan diri pada sang pencipta dan juga menambah ketakwaan.

 

Prinsip Mendesain Rumah Bernuansa Islami

Untuk memudahkan anda mendiskusikan hunian islami yang anda inginkan dengan jasa desain interior rumah, berikut beberapa prinsip yang perlu anda ketahui.

  1. Pilih ornamen atau lukisan yang islami

Pada dasarnya hunian yang baik bagi yang beragama islam adalah menghindari adanya barang-barang di dalam rumah yang bisa menimbulkan syirik seperti halnya patung, pusaka, lukisan bernyawa dll. Oleh karena itu, lebih baik anda memilih ornamen yang bergaya islami saja seperti kaligrafi ataupun lukisan berlafadz Allah atau Muhammad. Hindari pula pembangunan rumah anda berdasarkan feng shui atau arah mata angin karena bisa menimbulkan syirik juga.

  1. Jangan membuat toilet membelakangi ataupun menghadap arah kiblat

Dalam salah satu hadist dari HR. Ibnumajah juga disebutkan terkait prinsip yang satu ini. Jadi jika anda akan membangun toilet jangan dibuat menghadap kiblat ataupun membelakanginya. Anda perlu mendiskusikan ini kepada jasa desain interior rumah yang anda gunakan agar arah dan letak toilet yang anda inginkan bisa benar-benar sesuai.

  1. Memisahkan kamar anak lelaki dan perempuan

Meski memang masih satu keluarga, dan darah yang sama, rupanya agama islam sangat detail untuk hal ini. Sangat dianjurkan bagi para orang tua untuk memisahkan antara kamar laki-laki dan kamar perempuan terlebih jika mereka sudah baligh. Untuk pembuatan ruangan ini juga perlu anda sampaikan kepada penyedia jasa desain interior rumah.

  1. Buatlah tempat wudhu dan mandi berbeda

Meski tidak ada larangan terkait mudhu di kamar mandi, namun alangkah baiknya anda menyiapkan tempat khusus untuk wudhu saja. Prinsip ini memang masuk akal, karena ada yang menyebutkan jika di kamar mandi tidak boleh melakukan dzikir.

  1. Membuat penghalang untuk orang lain melihat ke dalam rumah

Rundingkan dengan jasa desain interior rumah untuk membuat penghalang rumah. Ini berkaitan agar orang rumah terkadang sedang tidak menutup aurat bisa terlindung.

 

Untuk mendapatkan hunian islami yang sesuai dengan prinsip di atas, anda bisa memilih jasa Tierb0navi. Ini adalah salah satu jasa desain interior rumah dan arsitek kontraktor yang tidak akan mengecewakan kepercayaan anda.

Artikel lain : Perabot yang Wajib Ada Di Rumah Minimalis

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.