Share

Desain Rumah; Tak Perlu Mewah, Tetapi Nyaman dan Ramah Lingkungan

Desain Rumah; Tak Perlu Mewah, Tetapi Nyaman dan Ramah Lingkungan

Desain Rumah; Tak Perlu Mewah, Tetapi Nyaman dan Ramah Lingkungan

Desain rumah tak lagi tergantung pada jasa arsitek. Kini, siapapun dapat memiliki akses untuk mendesain rumah sendiri. Banyak opsi untuk mencari ide desain rumah secara online. Terlebih, saat ini banyak aplikasi perangkat lunak untuk merancang rumah sendiri. Terlebih, aplikasi-aplikasi tersebut biasanya menghadirkan desain rumah modern terbaru. Pemilik rumah pun dapat menyesuaikan desain dengan luasan tanah yang ia miliki.

Desain Rumah; Tak Perlu Mewah, Tetapi Nyaman dan Ramah Lingkungan

Atau mereka yang ingin merenovasi rumah dengan desain baru yang lebih modern, juga dapat memilih desain paling sesuai untuk membuat rumah mereka tampil lebih cantik. Meminimalisir Penggunaan Listrik Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak mengubah desain rumah. Hal pertama adalah perlunya mempertimbangkan tentang desain ramah lingkungan. Pertimbangkan untuk memaksimalkan energi sinar matahari serta penggunaan alat listrik hemat listrik. Hal ini bukan hanya mengurangi tagihan listrik, tetapi juga dapat mengurangi konsumsi listrik secara global.

Baca Juga: Hubungan Antara Kemudahan Teknologi Dengan Proses Desain Rumah

Beberapa ide menarik yang dapat dimaksimalkan pada desain rumah adalah dengan memaksimalkan penggunaan kaca dengan ukuran besar di ruangan-ruangan utama. Dengan demikian, maka penggunaan listrik yang tidak perlu di siang hari dapat dimaksimalkan. Selain itu, penggunaan lampu LED juga sangat disarankan. Selain lampu, peralatan rumah tangga juga harus memiliki standar penggunaan energi listrik rendah. Jangan lupa perhatikan ventilasi.

Rumah dengan ventilasi yang baik tentu dapat mengurangi penggunaan pendingin ruangan. Selain ventilasi yang cukup, pemasangan pintu dan jendela juga perlu didesain sedemikian rupa, sehingga saat pintu dan jendela tertutup, dan penghuni rumah memerlukan pendingin ruangan, AC tidak akan bocor melalui sela-sela pintu dan jendela. Jangan lupa, desain rumah yang ramah lingkungan pastinya juga meminimalisir penggunaan air berlebih.

Penggunaan shower dapat menghemat penggunaan air secara maksimal. Selain luas kamar mandi yang dapat dimaksimalkan, anak-anak pun dapat belajar untuk menghemat penggunaan air sejak kecil. Maksimalkan Ruangan Sedang Bagi mereka yang baru memiliki rumah di perumahan-perumahan baru berskala sedang, ukuran tanah mungkin tidak terlalu luas. Tetapi, hal ini bukan berarti bahwa pemilik rumah tidak dapat berkreasi dengan ruangan yang tersedia. Bagi Anda yang mungkin memiliki ruangan dengan luas yang terbatas, penggunaan furnitur dapat dikurangi, di ruang tidur.

Ruangan sedang yang dipergunakan untuk ruang tengah pun harus memiliki desain multifungsi. Pemilihan furnitur yang tepat sangat diperlukan. Furnitur yang ada harus dapat menampung barang-barang, dengan desain vertikal yang tidak membuat ruangan terlihat penuh sesak. Selain itu, perlu diperhatikan adanya denah lantai yang terbuka jika rumah Anda adalah tipe keluarga yang cenderung berkumpul ruang tengah. Fokus Pada Fitur Utama Hal ini sangat penting karena mayoritas pemilik rumah memiliki ide-ide baru yang nantinya justru membuat pengeluaran membengkak.

Perlu diperhatikan bahwa memprioritaskan fitur untuk rumah baru harus dilakukan dengan disiplin. Saat ini, desain rumah modern tidak memerlukan banyak ornamen, meski tetap terkesan elegan. Hanya saja, pemilik rumah sering menginginkan tambahan-tambahan yang sebenarnya tidak perlu. Bagaimana Dengan Eksterior? Mayoritas pemilik rumah atau calon pemilik rumah sering lupa dengan pentingnya keberadaan pohon, atau paling tidak, tanaman-tanaman hias.

Penghuni rumah yang menempati rumah seken perlu mempertahankan pepohonan yang sudah ada, karena hal lni sangat penting. Pohon tidak sekedar menjaga rumah supaya teduh, tetapi juga meminimalisir penggunaan pendingin ruangan atau kipas angin. Nah, jangan terlalu terburu-buru dalam menentukan desain rumah. Dengan perencanaan yang tepat, maka hunian idaman akan dapat diwujudkan, tanpa perlu biaya tinggi. Terlebih, pemeliharaan rumah ramah energi juga tidak memerlukan dana besar, terutama dalam penggunaan air dan listrik.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.

Kirim Pesan
Click Here !!! (Fast Response)
Tania S.Ds.
Hi , Perkenalkan Saya Tania.
Dapatkan " SPECIAL PROMO " Free Design Hanya Hari Ini. Silahkan Lanjut Ke Chat Untuk Keterangan Lebih Lanjut Yah ^.^ (Fast Response)